Berkenalan Dengan AutoCAD WS 1.6

Menikmati piranti AutoCAD melalui media web browser ternyata menawarkan pengalaman  yang luar biasa. Pakem offline yang biasa saya jalankan dalam menggambar rumah menggunakan AutoCAD terasa menjadi lebih komplit dengan kehadiran  media online yang ditawarkan tim AutoCAD WS ini.

Sejak diumumkan tim AutoCAD WS tanggal 18 desember 2012 kemarin mengenai kehadiran versi 1.6 ini, saya sebetulnya udah mulai tergoda pingin mencicipinya melalui browser. Sayangnya saat itu saya masih dalam status fakir internet cepat. Perlu koneksi internet yang bagus untuk bisa menjajal kehandalan versi 1.6 ini yang katanya lebih cepat dari versi sebelumnya.

Loadingnya seperti ini

Ketika pertama kali mencoba, saya sepertinya tak menemukan menu untuk memulai gambar baru layaknya AutoCAD offline. AutoCAD WS rupanya sementara ini masih merupakan media editing file AutoCAD saja. Jadi saya coba upload file CAD untuk mulai melakukan editing.

Tangkapan layar. Upload file CAD

Tangkapan layar hasil upload file CAD

Hasilnya  cukup memuaskan untuk proses editing, apalagi semisal kita tak memiliki software CAD di laptop or PC kita. Tentunya kita harus punya template CAD yang bisa kita upload dan edit sewaktu waktu. Sekali lagi, kenyamanan proses editing sangat tergantung dengan bagus dan tidaknya koneksi internet kita.

Banyak fitur menarik yang ditawarkan dalam program yang disupport Google Drive ini. Salah satunya yang menarik perhatian saya adalah perletakan gambar di Google Map. Sayangnya selama saya berutak atik ria dengan AutoCAD WS ini, saya mendapati multiple selection objek dibatasi 200 obyek saja. Maklum gratis ;)

Perletakan gambar di Google Maps

Selain Tim AutoCAD WS menawarkan versi Web, mereka juga membuat versi mobile-nya yang bisa dinikmati melalui gadget Tablet dan Smartphone semacam iPad, iPhone atau yang bergenre Android. InsyaAllah, segera saya buat review untuk versi tablet atau smartphone tersebut.

Asyiknya lagi berbarengan dengan Paket AutoCAD WS yang ditawarkan dalam Account kita di  Autodesk, terdapat juga paket render yang bisa kita nikmati nantinya yang bernama AutoDesk 360 Rendering. Sayangnya saya belum sempat mencicipi program ini.

Semoga perkenalan saya dengan AutoCAD WS ini membuat kita menjadi bersemangat untuk belajar dan belajar mengenai apapun yang bermanfaat.

 

 

Kang Aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full time Blogger, Sketchup Artist & House Designer

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle PlusFlickr

One thought on “Berkenalan Dengan AutoCAD WS 1.6

  1. Pingback: Senangnya bekerja dengan Google Drive - Kang Aguscwid